//
you're reading...
Uncategorized

Materi Ajar IPA


MATERI AJAR GEJALA ALAM DAN TATA SURYA.
        Kesulitan para guru untuk mengajarkan materi secara efektif dan menarik adalah kesulitan menemukan alat peraga yang ideal. Akibatnya, jika alat peraga kurang sesuai atau tidak ada hasil instruktusional kurang optimal. Parahnya hal ini tidak dijadikan refleksi guru dalam mengajar. Kebanyakan guru bahkan mengajar tanpa persiapan sama sekali. Jadi guru juga ikut bertanggung jawab jika ada anak didiknya tidak lulus ujian nasional.
Rasa penyesalan juga dirasakan oleh siswa. Saya menemukan beberapa kasus yang saya alami sendiri dan juga rekan- rekan saya. Kebanyakan kami merasa kuper tentang materi karena dasar pengetahuan kurang ditanamkan secara maksimal oleh guru SD. Teman saya A merasa menyesal saat mengikuti lomba murid teladan, dari 25 soal dia hanya paham 5 soal dan yang lainnya god willing. Begitu juga teman saya B, saat mengikuti ujian masuk perguruan tinggi ia hanya menatap soal. Menurut mereka, guru mereka belum pernah mengajarkan materi – materi tersebut.
        Memang, kesalahan mendasar yang dilakukan oleh kebanyakan guru saat ini adalah formalitas dalam mengajar dan tidak berusaha melakukan SWOT persiapan secara matang. Akhirnya mereka hanya mengajar secara verbalitas. Anak – anak tidak tertarik dan akhirnya bercerita sendiri atau melamunkan ingatannya dirumah. Seharusnya sebagai guru kita harus malu dan sudah memulai meninggalkannya.
        Lalu, bagaimana cara kita mencari solusinya ? Ya tentu dengan membuat alat peraga atau meminjam alat peraga. Setiap guru adalh kolega bagi yang lain. Tidak ada persaingan dan harus saling membantu. Oleh karena itu saya mencoba untuk berbagi sedikit tentang alat peraga dan materi IPA tata surya kelas 6. Semoga bermanfaat.
About these ads

Tentang Ibnu Anwar

jangan bertanya saya sudah menjadi apa tapi bertanyalah apa yang sudah kamu perbuat untuk bangsa ini!

Diskusi

7 pemikiran pada “Materi Ajar IPA

  1. ok
    Jawaban: OK Juga

    Posted by Alin | 10 Juli 2008, 02.00 +00:00Jul
  2. Salam Sejahtera, Kami perwakilan dari crayonpedia ingin menginformasikan mengenai website crayonpedia ( lihat: http://www.crayonpedia.org ) yg bersifat kolaboratif dan dedicated di bidang pendidikan. Mulai jenjang Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Crayonpedia dirancang oleh praktisi pendidikan bersama pengembang TIK yg bersifat open education countent, sehingga semua orang dapat memberikan kontribusinya secara maksimal demi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia secara gratis . Hasil rancang bangun kolektif itu diproyeksikan sebagai solusi atau jawaban untuk mendatarkan sistem pendidikan di negeri ini. Sekaligus membangun kurikulum “Zeitgeist” atau kurikulum yang mampu beradaptasi dengan semangat dan perkembangan jaman.

    Jawaban Ibnu: Ship, kontribusi yang dapat kita laksanakan dan kompensasinya bagaimana?

    Posted by Ody | 10 Juli 2008, 02.00 +00:00Jul
  3. Brilliant!
    Jawab: matur nuwun

    Posted by Bumglucklelm | 3 Agustus 2008, 02.00 +00:00Agu
  4. …semangat mawon…aq be tiap simulasi mesti gwe media. mbuh ngko nek wia ngajar!he…fip uny 07

    Posted by jea | 6 Desember 2009, 02.00 +00:00Des
  5. Alhamdullilah, Putra & putri saya masih duduk di bangku SLTP & SD negeri Bekasi Timur/Tambun Sel.
    Saya sbg wali murid memperhatikan pola mengajar guru kurang maksimal dg adanya SPP gratis, ambil contoh. beberapa mata pljrn diles / prifatkan di rumah oleh gurunya sendiri, Mtmtk,Bhs.Inggs dll dg tarf yg berfariasi, terus materi yg diajarkan dikelas jadi kurang..mutunya? Mau jadi apa generasi bangsa!. Ilmu yg bermanfat utk masuk Surga dg iklas penyampaiannya bukan dg UANG, tanpa meninggalakn tugas seorang GURU dikelas utk mengajarkan ilmunya dg Amanah yg diemban.Was Wr Wb.

    Posted by H. Juni Harnoto | 16 Februari 2010, 02.00 +00:00Feb
  6. salam kenal pak ibnu… trma kasih banyak atas artikel2 yang sgt berguna untuk calon guru sd sprti saya. hehe

    Posted by Ayo Kita Belajar | 31 Mei 2011, 02.00 +00:00Mei
  7. saya ngelesi gratis buat siswa kelas 6 jam 6-8 gratis alhamdulillah nilai anak bisa bagus….nilai UN memuaskan e…alhamdulillah gak diminta walimurid kasih bingkisan…klo dah rejeki mo kemanaa…guru ikhlas kaya HATI…

    Posted by Ibnu Hutagalung | 24 Juni 2011, 02.00 +00:00Jun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: