//
you're reading...
Uncategorized

STANDAR DEVIASI DENGAN EXCEL


Standar deviasi atau yang lebih dikenal dengan simpangan baku adalah akar kuadarat dari varian ( nilai – rata-rata nilai). Bilangan tersebut dipergunakan untuk mengetahui nilai ekstrim suatu data. Penggunaan standar deviasi biasa digunakan bersama nilai rata-rata.

Untuk rekan – rekan yang ingin menghitung nilai standar deviasi, dapat juga menghitung cepat dengan excel. Silakan download tabel siap pakai dibawah ini.

download standar-deviasi odt

download standar deviasi excel

Tabel sudah saya lengkapi rumus hitung nilai max,nilai min, nilai rata-rata, jumlah dan nilai standar deviasi. Untuk memakainya anda dapat download dengan klik kanan kemudian save taget. Format file excel, untuk menggunakannya silakan isikan nilai anada sesuai kolom yang tersedia.


About Ibnu Anwar

jangan bertanya saya sudah menjadi apa tapi bertanyalah apa yang sudah kamu perbuat untuk bangsa ini!

Diskusi

34 thoughts on “STANDAR DEVIASI DENGAN EXCEL

  1. Wah Keren Artikelnya

    Perbanyak Artikel Tentang Statistik Ya.
    Soalnya Saya Lagi pengen tau bangget APa itu statistik
    (khususnya dengan Ms. Excel)

    bakground saya grafis disen

    tapi mengajar TIK (Microsoft Excel Lanjut )

    terima kasih

    Posted by daniarsyah | 28 Oktober 2008, 02.00 +00:00Okt
  2. Hi,, sory, saya rada bingung cara download file odt nya,,
    Bisa tolong jelaskan cara nya?
    Apakah perlu menginstal ODT terlebih dahulu?
    Karena saya sangat tertarik dengan perhitungan Standart deviasi yang anda buat,,,
    Terima Kasih

    Jawab: File dengan ektensi ODT hanya bisa dibuka dengan program office gratis open office 2.1 atau yang terbaru 3.0. Namun jika jenengan tidak ada sabar dulu.

    Posted by Sally | 21 Februari 2009, 02.00 +00:00Feb
  3. kok di tempat saya dibukanya eror ya .. malah muncul huruf n simbol gak jelas.
    apa karena excel saya 2007

    mohon dibales dengan info email ke firmansyahmanda@gmail.com

    terimakasih banyak

    Jawaban : Terima kasih telah mengunjungi blog saya, tidak ada yang salah dengan file. Hal ini disebabkan sumber program yang berbeda. File ODT menggunakan software gratis linux yaitu open office. Coba buka diwarnet kalau terbuka, save as menggunakan ekstemsi rtp atau word 2007.

    Posted by firman | 21 Februari 2009, 02.00 +00:00Feb
  4. mau naya dong, hubungan standar deviasi dengan perhitungan return investasi apa ya??? makasi

    Posted by yuni | 23 Februari 2009, 02.00 +00:00Feb
  5. apakah anda bisa mengirimkan langsung ke email aku…untuk standart deviasinya? kalau bisa tolong …terima kasih….atau nuwun.
    salam

    Jawab: mohon maaf karena kesibukan, baru saya kirim sekarang

    Posted by Admin | 14 Mei 2009, 02.00 +00:00Mei
  6. Salam kenal. Saya tertarik untuk mendownload file standart deviasi excell nya. Tetapi saya ada kesulitan dalam mendown load.Kalautidak keberatan mohon dikirim ke alamat email saya.
    Terima kasih
    Agus S
    agussudarmawan@yahoo.com

    Posted by Agus Sudarmawan | 26 Agustus 2009, 02.00 +00:00Agu
  7. seperti halnya temen2 diatas saya pun mengalami kesulitan mendownlod unduhan anda. bila berkenan mohon email ke saya. sepertinya sangat berguna untuk pekerjaan saya, terims

    Posted by devu | 10 September 2009, 02.00 +00:00Sep
  8. keren……..trus berkarya,,,,,,,,

    Posted by GILANG | 26 September 2009, 02.00 +00:00Sep
  9. Mau tanya mas,,bisa dijelaskan ngga dari contoh tabel yang ada hubungan antara rata2 dan standar deviasi, seperti contoh nilai rata2 pendidikan agama 7,23 dan nilai standar deviasinya 0,44 hubungan antara keduanya bagaimana 0,44 itu menjelaskan apa terhadap rata2 tersebut,,?
    Mohon penjelasannya mas,,thx,,maklum baru mau blajar statistik,,

    Posted by Gugum | 30 Oktober 2009, 02.00 +00:00Okt
  10. saran saya masukan jj contoh soalnya ya..!!!!

    Posted by viertha kaRce | 3 November 2009, 02.00 +00:00Nov
  11. Terima kasih, bermanfaat banget buat sayaa…

    Posted by Widhia | 10 Desember 2009, 02.00 +00:00Des
  12. makasih mas atas artikelnya. saya sedang membutuhkannya.

    Posted by dityamada | 10 Desember 2009, 02.00 +00:00Des
  13. Terima kasih atas artikelnya, sangat bermanfaat bagi saya. saya juga mau nanya ttg standar deviasi, kbetulan kerjaan saya mengolah, menganalisis dan interpretasi data penyakit dari tahun ke tahun, nah, contoh kasus gini (untuk kasus diare misalnya) : Diare = mean ± 2 SD, apasih maksudx, mohon penjelasan…, Trima kasih sebx
    Jawab: maaf mas kurang jelas coba tanya dosennya dan baca buku yach!

    Posted by Iqbal Arief | 30 Maret 2010, 02.00 +00:00Mar
  14. makasih bnyk artikelnya

    Posted by bayu | 9 April 2010, 02.00 +00:00Apr
  15. ditempat saya error dibukanya standar deviasi. bisa gak minta tolong kirim ke email ku maryatiek@yahoo.co.id. terima kasih ya

    Posted by Maryati | 15 April 2010, 02.00 +00:00Apr
  16. mau juga dunk diemail file excel nya.. abis susah nih

    Posted by diah | 20 April 2010, 02.00 +00:00Apr
  17. Rumusnya aja dong kalo boleh

    Jawab: =STDEV(BLOG DATA YANG DIINGINKAN) ENTER UNTUK STANDAR DEVIASI BIASA

    Posted by pickoneindo | 11 Mei 2010, 02.00 +00:00Mei
  18. Aku mau banget programnya..tapi blum bisa kebuka…tolong dong dikirimin program-programnya ke e mailku…
    Makasieh,,,,

    Posted by athiek | 15 Juni 2010, 02.00 +00:00Jun
  19. Saya sangat salut dengan penggunaan file odt :D
    Karena ini sangat jarang saya temui di tempat lain…

    Salam kenal buat mas/mbaknya yang nulis blog ini….

    Kebetulan saya juga pakek Open OFfice..
    mau beli Ms Office mahal :D

    Kalo ada kesempatan silahkan mampir ke tempat saya…

    Mungkin bisa sharing banyak hal…
    Terimakasih :)

    Posted by Geazzy | 31 Juli 2010, 02.00 +00:00Jul
  20. maksi banyak mas….
    soalnya tabel yang ada distu sangat amat sangat membantu… (:

    Posted by ann | 12 Oktober 2010, 02.00 +00:00Okt
  21. Makasih mas buat contohnya. Useful bgt. Mw nanya juga, klo STDEVA, STDEVP dan STDEVPA kapan digunakannya? Thnk b4

    Posted by hosli | 6 Januari 2011, 02.00 +00:00Jan
  22. maaf ko file Excll ya ko g mau yah, pdhl sy lg cr mengenai stndr devs to menghng anals skrips saya

    Posted by Dewi | 17 Maret 2011, 02.00 +00:00Mar
  23. trus, giman cara merncari standard error?

    Posted by rafiq | 7 April 2011, 02.00 +00:00Apr
  24. Terima kasih banyak Pak. Yang saya cari2 akhirnya ketemu. Mudah2an amal baik Bapak mendapat pahala yang setimpal dari Allah. Amin…

    Posted by Mas Kuncoro | 14 Mei 2011, 02.00 +00:00Mei
  25. trimakasih banyak pak, saya lg cari nih…barakallah…

    Posted by rofiq | 15 Juli 2011, 02.00 +00:00Jul
  26. pak mw nanya..,,, ada 3 metode yg sy pakai dalam memproyksikan jumlah penduduk dari tahun awal hingga tahun rencana trus menurut yg sy bc dari salah satu buku untk memilih metode yg tpat adlah dng membuat sndar deviasi ke3 metode trsebut. dan standar deviasi terkecil yang dipilh.,,, prttanyaan sy, mengapa yg dipilih yg terkcil???

    Posted by emsal lewerang | 18 Juli 2011, 02.00 +00:00Jul
  27. Trimakasih banyak untuk rumus2-Ta.

    Posted by ati | 24 Agustus 2011, 02.00 +00:00Agu
  28. Dear Admin, saya sudah pendadaran. Ada beberapa hal yang perlu direvisi menurut dosen penguji.salah satunya adalah mengenai adanya nilai standar deviasi yang lebih tinggi daripada mean. Padahal kalau dilihat dari rumusnya sepertinya tidak mungkin demikian, seharusnya standar deviasi lebih kecil dibandingkan dengan mean. Tapi hasil perhitungan dengan SPSS seperti itu, saya coba hitung pakai excel juga sama aja. Kesalahan saya dimana ya? Kalau pun memang mungkin standar deviasi lebih tinggi dari mean, itu artinya apa ya?
    Makasih banyak sebelumnya ….

    Posted by Naomi | 20 Desember 2011, 02.00 +00:00Des
  29. @Naomi : coba datanya di upload

    Posted by mastari | 6 Februari 2012, 02.00 +00:00Feb
  30. terus terang sy skrg super bingung cara ngitung std deviasi/resiko fluktuasi reksadana pendapatan tetap apakah dihitung setiap tahun, tolong dong kirim ke email sy contohnya, trims banyak atas bantuan bapak

    Posted by salama | 27 Mei 2012, 02.00 +00:00Mei
  31. mas , saya bingung kenapa perhitungan mean antara spss dengan excel kok berdea ya nilainya . trims

    Posted by pramana | 12 Oktober 2012, 02.00 +00:00Okt
  32. Makasih.. Sangat membantu pengerjaan skripsi teman saya..

    Posted by Mth Maulana | 22 November 2012, 02.00 +00:00Nov
  33. Ass,. mf saya ngak bisa mendowloald standar devisiasi tolong kirim ke email saya dong,. email saya musdalifa_lifa@ymil.com,. trims

    Posted by eva | 24 Februari 2013, 02.00 +00:00Feb

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

