//
you're reading...
Uncategorized

Cara Mengatasi Luka Memar


Memar terjadi karena trauma/benturan benda keras. Jatuh ke lantai terbentur meja tembok. Tanda yang terlihat adanya benjolan pada bagian yang terantuk, kadang disertai wama kebiruan ( dapat muncul esok hari ). Benjol dan kebiruan disebabkan karena pembuluh darah pada bagian yang terkena benturan pecah dan darah masuk kejaringan sekitarnya. Cara mengatasinya jika tidak ada luka langsung dikompres dingin pada bagian yang terbentur. Hal ini untuk mencegah bertambah banyak darah yang merembes ke jaringan. Pengompresan juga akan mengurangi udema (pembengkakan). Pada hari berikut dilihat kondisi pembengkakan berkurang atau tidak. Pada periode ini penatalaksanaan ditujukan untuk mengurangi/menghilangkan pembengkakan. Cara yang digunakan dengan memberikan kompres panas selama 3-5 menit, untuk melebarkan pembutuh darah setempat, setelah itu dikompres dingin selama 1-2 menit. Hal ini dilakukan 4 – 5 kali sehari sampai bengkak menghilang. Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan kompres panas yakni suhu panas jangan sampai menimbulkan luka bakar. Kompres panas dapat menggunakan air panas dalam kantong atau dengan obat pemanas kulit ( salep/ krim / balsam ). Penggunaan obat yang ditempatkan pada kulit perlu diperhatikan efeknya.

Memar dapat terjadi di semua bagian tubuh. Untuk memar yang terjadi di sekitar mata, misalnya terkena tinju. Cara penatalaksanaan sama yakni dalam 24 jam pertama diberikan kompres dingin, selanjutnya kompres panas dingin berganti-ganti. Hal yang perlu diperhatikan adalah penyebab dan kondisi memar mata yang dapat menimbulkan penyulit, misal tulang dasar kepata retak atau tulang sekitar bola mata retak/patah. Untuk memastikan biasanya diawali dengan melihat ukuran trauma, ada tidaknya gangguan penglihatan. Jika diduga terjadi keadaan semacam ini maka harus segera dirujuk ke rumah sakit.

Luka memar disebabkan cedera saat olah raga, jatuh, dan tindak kekerasan salah penanganan memerlukan waktu lama untuk sembuh. Luka memar meninggalkan bekas apabila salah dalam merawatnya. Luka memar juga menimbulkan rasa nyeri yang berkepanjangan.

Selain dikompres perawat sering memakai trombophob untuk mengurangi rasa nyeri dan mengurangi pembekakan. Trombophob digunakan untuk luka luar dan kontra indikasi terhadap komponen obat. Jadi pemakaiannya cukup dioleskan ringan pada bagian yang sakit atau dioleskan pada sepotong kain kasa lalu ditempelkan pada bagian yang sakit.

sumber: http://www.tempo.co.id/medika/arsip/122002/sek-1.htm, seseorang yang tinggal di lubuk seberuk sumsel

About these ads

About Ibnu Anwar

jangan bertanya saya sudah menjadi apa tapi bertanyalah apa yang sudah kamu perbuat untuk bangsa ini!

Diskusi

One thought on “Cara Mengatasi Luka Memar

  1. Hai,namaku refita umurku 18 th.setiap aqw jatuh,terkena benda keras,dicubit,kulitku selalu berwarna biru,.aqw butuh solusi,bgimana cara nyembuhinya yg palingk cepat,dan luka memar biru itu tdak membekas pd kulit..?dan dapat sembuh dgn cpat

    Posted by Refita cibi-ch!bie | 10 Desember 2012, 02.00 +00:00Des

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: