//
you're reading...
Uncategorized

PENDIDIKAN GRATIS ATAU PENDIDIKAN MURAH


Negara Indonesia yang kita cintai dan kita banggakan masih dimanfaatkan beberapa golongan untuk kepentingan kapitalisme. Jika kita simak berita di media cetak dan elektronik saat ini banyak memberitakan masalah politik, ekonomi dan keamanan yang diwarnai konflik antar golongan. Peristiwa ini silih berganti dan menjadi wacana yang cepat berlalu tanpa antisipasi dan penyelesaian yang tuntas.

Negara kita memang sudah merdeka, namun secara kasat mata sebenarnya dalam penjajahan. Penjajahan ini bukan hanya dari negara lain melalui aspek ekonomi yang selalu tidak memihak masyarakat miskin. Penjajahan dilakukan oleh oknum warga negara untuk kepentingan individu dan golongan.

Coba kita lihat, hak masyarakat untuk memperoleh biaya kesehatan gratis, pendidikan gratis dan hal – hal lain yang sebenarnya milik masyarakat. Berita di televisi beberapa waktu yang lalu, ada bayi yang ditahan dirumah sakit karena orang tua tidak mampu bayar biaya pengobatan, ada anak yang bunuh diri karena orang tua tidak mampu menguliahkan anak, bahkan ada masyarakat yang meninggal karena kekurangan makan. Adakah cara yang tepat untuk mengatasi sehingga kejadian tersebut tidak terulang lagi.

Kalau pada zaman nabi Muhammad SAW, baginda nabi mengajarkan perlunya baitul mal. Bagaimanakah sistem penerapan di pemerintahan kita?  Sebenarnya yang salah adalah orang – orang yang sengaja mempersulit usaha memperoleh informasi dan cara memperolehnya. Banyak program dengan biaya besar bahkan sengaja dimanipulasi untuk dikorupsi secara bersama-sama dan terencana.

Mengenai istilah pendidikan, pendidikan gratisi itu tidak ada. Istilah seharusnya adalah pendidikan murah. Pendidikan gratis berarti sekolah tidak memungut sepeserpun biaya dari siswa. Padahal sekolah membutuhkan biasa untuk perbaikan dan perlengkapan sarana-prasarananya yang serba kurang memadai. Pemerintah belum memperhatikan hal tersebut secara merata. Tidak menutup kemungkinan anggaran di dunia pendidikan salah sasaran. Buktinya sekarang pendidikan seperti gaya kapitalisme gaya modern. Orang yang kaya bisa sekolah dimana saja sesuai keinginan. Sekolah bisa dibeli orang berduit, orang miskin harus cari sekolah lain karena tidak mampu membeli kursi ( uang pembangunan).

Oleh karena itu, iklan di televisi tidak sekedar iklan tapi juga komunikatif cara penyelesaian dan prosedurnya. Saya yakin banyak anak yang ingin sekolah di SMP terbuka tapi apakah sudah diiklankan cara pendaftarannya? Kalau di universitas ada biaya hidup dan beasiswa selama kuliah. Adakah hal tersebut di TK – SMA. Bagaimana sosialisasinya? PPD tahun 2008 belum ada  wacanatersebut. Kita tunggu tokoh yang mampu merealisasikannya. Sehingga sekolah, kesehatan bukan barang mahal, tapi obral.

About Ibnu Anwar

jangan bertanya saya sudah menjadi apa tapi bertanyalah apa yang sudah kamu perbuat untuk bangsa ini!

Diskusi

One thought on “PENDIDIKAN GRATIS ATAU PENDIDIKAN MURAH

  1. Pendidikan emang memerlukan biaya, tapi kalo gak ada yg gratis gimana saudara2ku yg tidak mampu meraih “mentari di kaki ufuk”

    Posted by AnakBangsa | 6 Mei 2009, 02.00 +00:00Mei

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: