//
you're reading...
Uncategorized

PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER PENEKANAN KEMBALI KURIKULUM 1994


Tahun 2011/2012 Kementerian Pendidikan Nasional akan menempatkan pendidikan berbasis karakter sebagai suatu gerakan nasional. Pendidikan berbasis karakter merupakan penanaman nilai-nilai afektif sebagai penekanan yang harus dicapai pada semua mapel. Pendidikan berbasis karakter bukan merupakan mata pelajaran tersendiri melainkan dampak penggiring yang diharapkan tercapai. Pendidikan berbasis karakter akan dilaksanakan pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), hingga perguruan tinggi, termasuk pendidikan nonformal dan informal.

Menurut saya, pendidikan berbasis karakter merupakan penggunaan kembali dampak penggiring melalui sikap-sikap afektif seperti kurikulum 1994 yang disuplemen tahun 1999 dan kemudian dihilangkan pada kurikulum KTSP. Pendidikan berbasis karakter tidak akan efektif tanpa penekanan unjuk kerja siswa dan aktualisasi melalui praktek. Kenyataan pelaksanaan pembelajaran didominasi teoritis dan penilaian dalam ujian nasional juga mengutamakan nilai ujian nasional daripada praktik sikap dan pelaksanaan nilai-nilai budaya bangsa. Menurut saya pendidikan juga mengutamakan penilaian nilai sikap melalui buku kepribadian seperti buku kegitan ramadhan. Penekanan karakter tanpa diikuti pembiasaan sebagaimana harapan mantan mendiknas Malik Fadjar. Pendidikan adalah daya upaya untuk memaju budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intellect), dan jasmani anak didik,’’ kata Ki Hajar Dewantoro seperti kutip Mendiknas. Pendidikan harus
menyikapi perkembangan aktual terhadap munculnya perilaku destruktif, anarkis, dan radikalis. Mendiknas mengajak pemangku kepentingan pendidikan, terutama kepala sekolah, guru, pimpinan perguruan tinggi dan dosen, harus memberikan perhatian dan pendampingan lebih besar kepada peserta didik dalam membentuk dan menumbuhkan pola pikir dan perilaku yang berbasis kasis sayang, toleran terhadap realitas keanekaragaman yang dibenarkan oleh peraturan dan perundangan.

slide pendidikan berbasis karakter

indikator

About Ibnu Anwar

jangan bertanya saya sudah menjadi apa tapi bertanyalah apa yang sudah kamu perbuat untuk bangsa ini!

Diskusi

2 thoughts on “PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER PENEKANAN KEMBALI KURIKULUM 1994

  1. pengen tau sih contohnya

    Posted by pury | 3 Oktober 2011, 02.00 +00:00Okt
  2. Pendidikan berbasis Karater terletak pada bagaimana membangun kesadaran jatidiri sebagai manusia (aspek batin) dan penunjangnya ialah pikiran atau logika. Sadar akan jatidiri manusianya tidak akan terbangun apabila penerapan dasar iman dan taqwa hanya dijadikan wacana dan diukur dengan nilai2 angka (=munafik). Hal ini mutlak harus ada contoh (uswah) dari para pengajar dan pendidik dalam proses pendidikan formal, informal & non formal.
    Terimakasih.

    Posted by Hendry K. | 15 November 2011, 02.00 +00:00Nov

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: